Kamis, 30 Desember 2010

Tindihan ≠ Diganggu Setan


http://libertyinexile.com/2010/05/03/sleep-paralysis/
Pernahkah kalian tidak bisa mengontrol tubuh sendiri ketika tidur? Secara teknis kita sudah sadar, tapi kita tidak bisa membuka mata, tidak bisa menggerakkan badan, kesulitan berbicara ,bahkan sekujur tubuh rasanya lumpuh. Yup fenomena ini dikenal dengan “Tindihan”. Seringkali fenomena ini dikait-kaikan dengan sesuatu yang mistis. Misalnya saja ketindihan jin lah, diganggu mahluk halus, atau apalah itu. Sebenarnya ada penjelasan logis dari hal tersebut. Dalam dunia kesehatan fenomena ini disebut Sleep Paralysis.
Pada saat kita tidur, tidur kita terbagi menjadi empat tahapan, yaitu : Drowsiness (mengantuk tetapi masih dalam kondisi sadar), tidur tetapi tidak lelap, tidur lelap, dan Rapid Eye Movement (REM). Biasanya kita bermimpi pada saat REM.
Sleep Paralysis terjadi saat kita mengalami mimpi tertentu, terutama mimpi buruk. Lalu disaat sedang bermimpi, tiba-tiba otak kita tersadar. Nah kesadaran otak kita ini tidak dibarengi denan sadarnya susunan saraf kita, karena saraf tubuh kita tidak bisa tersadar secara mendadak seperti otak. Karena saraf kita masih belum tersadar, akhirnya kia tidak bisa menggerakkan tubuh kita sesuai keinginan kita seperti biasanya. Jadi peristiwa tersebut bukanlah peristiwa mistis seperti yang dikatakan beberapa orang. Jadi jangan keburu parno duluan kalau mengalami sleep paralysis.
Bagi yang pernah mengalami sleep paralysis , bersyukurlah. Setidaknya kalian pernah mengalami bagaimana rasanya tidak bisa mengendalikan tubuh sendiri seperti orang stroke. Susah bukan ? Karena itu jaga kesehatan selalu, makan-makanan yang bergizi dan olahragalah selalu. Bagi yang belum pernah mengalami, jangan bersantai-santai. Jagalah kesehatan pula, karena kita tidak pernah tahu kapan sakit itu datang. Ingat mencegah lebih baik dari pada mengobati. Selamat beraktivitas… ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar