Kamis, 30 Desember 2010

Pecel Semanggi Khas Surabaya

demo.metrogaya.com
           Pecel Semanggi adalah makanan khas Surabaya yang mulai sulit dijumpai. Dibuat dari daun semangi yang dikukus dan kemudian dinikmati dengan sambal pedas yang nikmat. Semanggi juga dapat dihidangkan dengan tauge, kangkung, kerupuk puli yang terbuat dari beras serta bumbu yang terbuat dari ketela rambat. Sambal yang digunakan adalah sambal yang dibuat dari gula jawa (lebih banyak), terasi, cabai.
 
http://2.bp.blogspot.com/_4xkXOQJxn5Q/TRyi8nGd1fI/
           Pecel ini disajikan tanpa nasi, hanya sayur semanggi dan kecambah disiram bumbu yang disajikan di dalam pincuk daun pisang. Untuk memakannya, kita wajib dan fardhu menggunakan kerupuk puli yang terbuat dari beras (di beberapa daerah di Jawa kerupuk ini disebut dengan kerupuk gendar) untuk memakannya.
          Menurut petunjuk banyak orang, di beberapa titik di Surabaya masih ada yang berkeliling.  Para penjual pecel semanggi yang notabene adalah ibu-ibu lanjut usia, sering berkumpul tiap pagi di Pasar Kembang, yakni sebuah jalan di Surabaya yang tempatnya ramai karena pinggir jalannya digunakan sebagai pasar dan merupakan titik pertemuan yang menghubungkan Surabaya Barat dengan Wilayah Surabaya yang lain. Menurut Ibu Tatik, salah seorang penjual pecel semanggi, beliau menjual pecel semnaggi seharga Rp. 5.000,00 per porsi. murah bukan untuk hitungan kuliner langka. Jika mampir ke Surabaya, saya rasa tak ada salahnya jika kita hunting makanan yang mulai langka ini...sumber http://anung.sunan-ampel.ac.id/?p=206#more-206

Tidak ada komentar:

Posting Komentar