Rabu, 29 Desember 2010

FOTO JURNALISTIK


    Sebelum melangkah ke pembahasan foto jurnalistik, ada baiknya kita mengetahui pengertian jurnalistik. Jurnalistik berasal dari kata journal atau yang lebih kita kenal dengan catatan harian, atau juga berarti surat kabar.  Menurut McDougall jurnalistik adalah kegiatan menghimpun berita, mencari fakta, dan melaporkan peristiwa. Hasil dari proses jurnalistik kemudian dimuat dalam media.
Lalu Apa yang Dimaksud dengan Foto Jurnalistik ??
    Foto Jurnalistik adalah foto-foto yang dibuat dengan tujuan untuk menyebarluaskan informasi, cerita tentang suatu peristiwa dengan menggunakan media massa. Menurut Oscar Matullah (Fotografer Antara) Foto jurnalistik merupakan gabungan antara foto dan kata-kata (caption).
    Maksud dari Oscar,  jika berita ditulis dengan memenuhi kaidah 5W+1H (What, Where, When, Who, Why, dan How), maka demikian pula dengan foto jurnalistik. Namun dalam sebuah foto jarang sekali ada yang memuat 6 elemen tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan caption  (kata-kata) untuk memperjelas foto kita agar pesan atau informasi yang ingin kita sampaikan bisa ditangkap oleh orang lain. Dari penjelasan tersebut dapat kita peroleh cirri-ciri foto jurnalistik

Ciri-ciri Foto Jurnalistik
a.    Mempunyai nilai berita/informasi (proximity, aktualitas, menarik, luar biasa, unik, menghibur, dkk)
b.    Disajikan melaluui media visual (Koran, majalah, media online, dkk)
c.    Menayangkan ‘gambar mati’ (beku) dari salah satu bagian peristiwa yang terekam
d.    Dilengkapi dengan caption, agar tidak terjadi misinterpretasi

Jenis-Jenis Foto Jurnalistik
a.    Foto Berita mengandung isi berita yang harus segera disiarkan. Jika ditunda penyiarannya, maka isi dari berita tersebut akan basi atau tidak aktual . Ada 2 macam foto berita :
1.    Spot news
Adalah foto yang merekam peristiwa yang tidak direncanakan sebelumnya dan difoto di tempat kejadian tersebut. Contohnya adalah foto kebakaran, kecelakaan, bom meledak, dkk

2.    General news
Adalah foto yang dibuat dariperistiwa yang telah direncanakan. Contohnya rapat komisi DPR, konser, dkk.
3.    Sport news
Adalah foto yang dibuat dari peristiwa olahraga yang menampilkan segala hal yang menyangkut olahraga. Misalnya foto pertandingan sepakbola, tinju, dkk.
samudrabirucinta.blogspot.com

b.    Foto Features
Foto-foto yang tidak terikat dengan waktu penyiaran.
aingkumaha.blogspot.com

c.    FotoStories
Rangkaian foto-foto yang membentuk suatu cerita yang bersifat deskriptif, jadi hanya menggambarkan suatu peristiwa /personal secara umum saja
d.    Foto Essay
Rangakaian foto-foto yang membentuk suatu cerita yang bersifat naratif, jadi opini kita masuk didalam karya kita. Dalam foto essay opini kita disebut dengan opini visual. Jenis ini merupakan tingkatan paling tinggi dalam foto jurnalistik.

Salah satu foto essai milik eugene smith yang menceritakan tentang korban penyakit minamata di jepang
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar