Kamis, 04 November 2010

Tentukan Senjata Pilihanmu !!!!!!

 

           Memotret dan dipotret merupakan hal yang menyenangkan. Bagi teman-teman yang memiliki hobi dipotret, mungkin kalian tidak akan membutuhkan modal yang terlalu banyak. Akan tetapi bagi teman-teman yang memiliki hobi memotret, tentunya modal yang kita butuhkan tidaklah sedikit. Salah satu modal terpenting untuk menjadi seorang fotografer adalah kamera. Tanpa kamera kita tidak dapat memotret, karena kamera merupakan senjata fotografer. Nah kali ini, kita akan membahas seputar senjata para fotografer ini.

Untuk memilih kamera, hal yang perlu kita lakukan adalah menentukan budget yang akan kalian gunkan untuk memiliki kamera. Sesuaikan budget tersebut dengan kondisi kantong kita. Ada berbagai macam kamera yang bisa kita pilih. Mulai dari yang bermodal kaleng bekas sampai dengan kamera canggih yang membutuhkan uang puluhan juta.
 
Bagi kalian yang memiliki modal yang sangat terbatas, jangan khawatir, kalian bisa menggunakan kamera lubang jarum untuk belajar. Kita bisa membuatnya sendiri dengan bermodalkan kaleng bekas, aluminium foil, kertas foto, dan chemical untuk mencetak foto. Cara pembuatannya akan dibahas diposting saya selanjutnya.
Lalu bagi kalian yang ingin belajar memotret dengan professional, kamera SLR merupakan pilihan yang tepat. Ada dua macam kamera SLR, yaitu kamera analog yang masih menggunakan film, dan kamera digital yang  menawarkan segala kemudahannya. Kalian bebas menentukan pilihan kalian, tapi tentunya dengan pertimbangan yang matang, dan menyesuaikan dengan kebutuhan kalian.
Kamera analog mungkin terlihat rumit di era serba canggih saat ini. Kita masih harus mengeluarkan uang puluhan ribu untuk membeli roll film, jika ingin memotret, ditambah lagi kita tidak bisa langsung melihat hasilnya. Akan tetapi dibalik kelemahan tersebut, kita diajarkan untuk mengkonsep foto yang akan kita buat, sehinga foto yang kita hasilkan buakanlah foto yang asal jepret.  Selain itu perawatan kamera analog lebih mudah dibandingkan dengan kamera digital.
Sedangkan kamera digital menawarakan segala kemudahan dan banyak fitur. Kita tidak perlu mencetak foto untuk melihat hasil jepretan kita, cukup dengan melihat di layar LCD yang terdapat dikamera digital. Akan tetapi segala kemudahan yang ditawarkan oleh kamera digital bisa membuat kita menjadi manja, dan malas berfikir. Mengapa demikian? Biasanya saat kita memotret menggunakan kamera digital, kita jadi asal jepret. Kalau hasil tidak bagus cukup dihapus saja, hal ini membuat kita terbiasa memotret tanpa konsep. Padahal konsep merupakan salah satu hal penting dalam pembuatan foto yang bagus.
Untuk itu jangan sampai kita menjadi terlena saat menggunakan kamera digital. Ingat “Men Behind The Gun”, secanggih apapun kamera yang kita miliki, tidak akan berguna jika kita tidak mengetahui bagaimana cara memanfaatkan segala fitur yang ada pada kamera tersebut.
Apabila kita sudah menguasai teknis menggunakan kamera analog, maka kita pun juga pasti bisa  mengoperasikan kamera digital. Dengan kata lain kamera analog merupakan salah satu acuan dasar yang digunakan untuk bisa menguasai kamera digital dengan baik. Apapun pilihan kamera kalian, yang terpenting kita bisa memaksimalkan kamera tersebut untuk memperoleh hasil yang terbaik. Untuk itu jangan pernah berhenti untuk belajar. Semangat…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar